Menu

Mode Gelap
Milenial Tanbu Rela Keluarkan Dana Pribadi Untuk Bersihkan Jalan Desa Satiung Waket DPRD Tanbu Sebut Generasi Muda Harus Ikut Berkontribusi Untuk Negeri Tanbu Launching Gerakan Pengibaran 5.000 Bendera Merah Putih Semarakan HUT RI Ke-78 Eksekutif Sampaikan KUA PPAS Perubahan Tahun 2023 Dinas PUPR Gelar Pembinaan Tekhnis Infrastruktur Persampahan.

Advetorial · 20 Jan 2024 01:26 WIB ·

Ketua DPRD Tanah Bumbu, Andrean Atma Maulani Peringati Haul Abah Guru Sekumpul


 Ketua DPRD Tanah Bumbu, Andrean Atma Maulani Peringati Haul Abah Guru Sekumpul Perbesar

BATULICIN – Perayaan Haul Abah Guru Sekumpul merupakan bentuk cinta dan kasih sayang masyarakat setempat untuk memperingati wafatnya Tuan Guru Muhammad Zaini Abdul Ghani Al-Banjari.

Kegiatan seperti ini pun merupakan agenda tahunan yang digelar. Saat ini, sudah menjadi Haul ke-19 Guru Sekumpul yang beberapa waktu lalu digelar secara Akbar dan berlokasi di Martapura, Kalimantan Selatan.

Rupanya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu, Andrean Atma Maulani tak mau ketinggalan demi mendapatkan berkah dan karomah dari Guru Sekumpul.

Secara pribadi, dirinya beserta keluarga besar juga menggelar haul di kediamannya di Kecamatan Simpang Empat, Senin (22/01/24) malam.

“Haul keluarga besar sekaligus haul guru Sekumpul,” ungkap Ketua DPRD Tanah Bumbu.

Bagi sosok muda Tanah Bumbu yang kerap disapa Bang Ketua ini, sosok KH Zaini Abdul Ghani memiliki pengaruh yang luar biasa.

Semasa hidup, pengajian yang diadakannya selalu ramai oleh jamaah, tidak hanya dari Kalimantan tetapi juga dari pulau Jawa, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Prestasinya mencakup berbagai lapisan masyarakat, dari pejabat hingga seniman, seperti Gus Dur, Megawati Soekarno Putri, Amien Rais, hingga Aa Gym, yang pernah mengunjungi kediaman spiritualis ini.

Ketenarannya yang merata dan pengikut yang tersebar membuat makam Guru Ijai menjadi tempat tujuan ziarah yang diminati, terutama saat peringatan haulnya yang diadakan setiap tahun, di mana ratusan ribu orang memadati Komplek Sekumpul untuk menghormati dan merayakan warisan spiritualnya.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 5 kali

Baca Lainnya

Pemkab Tanbu Ikuti Rakoor Penataan Perizinan Sektor Tambang

28 Juni 2024 - 16:49 WIB

Zairullah Azhar Tinjau Lokasi Kebakaran, Janji Segera Lakukan Penanganan

28 Juni 2024 - 16:46 WIB

Raut Wajah Anak-anak Korban Kebakaran, Berubah Saat Kapolres Tanbu Hibur dan Bawa Banyak Mainan

27 Juni 2024 - 16:47 WIB

Kesulitan Air Bersih, Kapolres Tanbu AKBP Arief Letakkan Batu Pertama Sumur Bor di Desa Trimartani

25 Juni 2024 - 16:50 WIB

Warga Desa Trimartani Terima Program CSR PT Borneo Indobara Berupa Pengadan Sumber Air Bersih

25 Juni 2024 - 16:40 WIB

Zairullah Pastikan Jalan Alternatif KM 171 Secepatnya Diaspal, Anggarkan 13 Miliar

24 Juni 2024 - 16:54 WIB

Trending di Advetorial