Menu

Mode Gelap
Milenial Tanbu Rela Keluarkan Dana Pribadi Untuk Bersihkan Jalan Desa Satiung Waket DPRD Tanbu Sebut Generasi Muda Harus Ikut Berkontribusi Untuk Negeri Tanbu Launching Gerakan Pengibaran 5.000 Bendera Merah Putih Semarakan HUT RI Ke-78 Eksekutif Sampaikan KUA PPAS Perubahan Tahun 2023 Dinas PUPR Gelar Pembinaan Tekhnis Infrastruktur Persampahan.

Advetorial · 29 Sep 2023 03:00 WIB ·

Inisiatif Anggota Dewan dan DKPP Tanbu, Gapoktan Sehati Kersik Putih Terima Hibah Alsintan


 Inisiatif Anggota Dewan dan DKPP Tanbu, Gapoktan Sehati Kersik Putih Terima Hibah Alsintan Perbesar

BATULICIN – Ratusan petani di Desa Kersik Putih Kecamatan Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu yang tergabung dalam gabungan kelompok tani (Gapoktan) Sehati, senang mendapatkan penyaluran alat mesin perontok padi dari pemkab dan DPRD setempat.

Bantuan berupa mesin Alsintan jenis Combine itu diterima langsung petani dilokasi areal pertanian, Jumat (29/9/2023) siang.

Di Gapoktan Sehati ini, ada sekitar 180 petani dari gabungan kelompok tani di Desa Kersik Putih Kecamatan Batulicin. Mereka semringah mendapatkan bantuan tersebut.

Harapannya, jelas hasil pertanian bisa meningkat dan saat panen tidak terlambat lagi serta lebih efektif ketika panen dengan mesin tersebut.

” Alat mesin pertanian ini sudah lama didambakan petani, akhirnya terwujud. Bantuan disalurkan pemkab melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tanah Bumbu atas inisiatif anggota DPRD Tanah Bumbu, Andi Asdar Wijaya. Kami mengucapkan terimakasih banyak, ” kata Ketua Gapoktan Sehati, Cammu.

Menurutnya, alat ini sangat membantu saat musim panen dan tidak lagi meminjam ke tempat lain.

” Biasanya kami menyewa ditempat lain. Kalau tidak ada terpaksa manual dan perlu waktu lama. Tapi dengan alat ini, kami sangat terbantu terutama dimusim panen, ” katanya.

Sementara itu, Anggota DPRD Tanbu Andi Asdar Wijaya, penyerahan mesin pemanen ini adalah aspirasi masyarakat dan kini disalurkan ke petani yang sudah menantikan alat tersebut.

Hasil produksi petani dipastikan lebih baik dengan hasil panen menggunakan alat

itu. Selain itu, bisa mempersingkat durasi panen dan meminimalisir biaya serta mengurangi kebocoran benih.

” Ini akan berdampak pada meningkatnya kesejahteraan petani karena hasil panen bisa lebih maksimal dan hemat biaya, ” katanya.

Kabid Pengembangan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tanah Bumbu, Roby Chandra mengaku baru bisa mengakomodir dan merealisasikan usulan para petani di desa ini karena keterbatasan anggaran.

Pengadaan alat ini perlu anggaran besar dan kini bisa direalisasikan karena harganya yang bernilai ratusan juta. Namun berkat dukunga anggota legislatif, alat ini bisa terbeli dan dihibahkan.

” Penyaluran ini bisa direalisasikan berkat peran dan dukungan Pemerintah Daerah dan Legislatif sehingga kali ini Gapoktan Sehati bisa mendapatkan alat ini. Harapannya, bisa mengurangi susut panen dan hasilnya bisa lebih maksimal, ” pungkasnya.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Pemkab Tanbu Ikuti Rakoor Penataan Perizinan Sektor Tambang

28 Juni 2024 - 16:49 WIB

Zairullah Azhar Tinjau Lokasi Kebakaran, Janji Segera Lakukan Penanganan

28 Juni 2024 - 16:46 WIB

Raut Wajah Anak-anak Korban Kebakaran, Berubah Saat Kapolres Tanbu Hibur dan Bawa Banyak Mainan

27 Juni 2024 - 16:47 WIB

Kesulitan Air Bersih, Kapolres Tanbu AKBP Arief Letakkan Batu Pertama Sumur Bor di Desa Trimartani

25 Juni 2024 - 16:50 WIB

Warga Desa Trimartani Terima Program CSR PT Borneo Indobara Berupa Pengadan Sumber Air Bersih

25 Juni 2024 - 16:40 WIB

Zairullah Pastikan Jalan Alternatif KM 171 Secepatnya Diaspal, Anggarkan 13 Miliar

24 Juni 2024 - 16:54 WIB

Trending di Advetorial