Menu

Mode Gelap
Milenial Tanbu Rela Keluarkan Dana Pribadi Untuk Bersihkan Jalan Desa Satiung Waket DPRD Tanbu Sebut Generasi Muda Harus Ikut Berkontribusi Untuk Negeri Tanbu Launching Gerakan Pengibaran 5.000 Bendera Merah Putih Semarakan HUT RI Ke-78 Eksekutif Sampaikan KUA PPAS Perubahan Tahun 2023 Dinas PUPR Gelar Pembinaan Tekhnis Infrastruktur Persampahan.

Advetorial · 16 Mei 2024 07:11 WIB ·

Tingkatkan Kualitas Keamanan Ketertiban, Petugas Lapas Batulicin Ikut Bimtek Pengamanan dan Intelijen


 Tingkatkan Kualitas Keamanan Ketertiban, Petugas Lapas Batulicin Ikut Bimtek Pengamanan dan Intelijen Perbesar

BATULICIN – Perkuat Kualitas pengamanan, Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Batulicin mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Pengamanan dan Intelijen.

Kegiatan itu digelar oleh Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan, Kamis (16/5/2024) di Hotel Jelita Banjarmasin.

Divpas Kanwil Kemenkumham Kalsel menggelar kegiatan selama 3 hari yang dimulai dari tanggal 16 hingga 18 Mei 2024 yang diikuti oleh semua Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan se-Kalimantan Selatan termasuk Lapas Batulicin didalamnya.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Taufiqurrakhman melalui Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), Said Mahdar membuka kegiatan. Ia menyampaikan pentingnya kegiatan ini sebagai respon terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban yang terjadi baik di tingkat daerah maupun nasional.

Kegiatan Bimtek ini bertujuan untuk menyosialisasikan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 8 Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Keamanan dan Ketertiban pada Satuan Kerja Pemasyarakatan, yang ditetapkan pada tanggal 7 Februari 2024 dan diundangkan pada tanggal 15 Februari 2024.

“Ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas keamanan dan ketertiban pada satuan kerja Pemasyarakatan di Wilayah Kalimantan Selatan,” ucap Said Mahdar.

Kemudian, Said Mahdar menekankan pentingnya penyelenggaraan intelijen di dalam Lapas Rutan untuk menangani berbagai gangguan keamanan dan ketertiban serta mencari informasi yang obyektif dan aktual guna mengatasi gangguan dan ancaman tersebut.

“Dalam kegiatan intelijen, diharapkan petugas mampu melakukan pelaksanaan deteksi dini dan pencegahan dini melalui pemetaan tingkat kerawanan, seperti kerawanan orang, kerawanan tempat, kerawanan sarana prasarana, dan kerawanan informasi serta melaksanakan instrumen-instrumen deteksi dini lainnya,” Lanjutnya.

Pada kegiatan kali ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidang Pengamanan dan Intelijen dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI, Badan Intelijen Negara Daerah Kalimantan Selatan, dan Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan.

Lapas Batulicin sendiri diwakili oleh dua petugas yang mengikuti kegiatan Bimtek Pengamanan dan Intelijen, yaitu Devi Wahyudi dan Sinar Wiyono.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Pemkab Tanbu Ikuti Rakoor Penataan Perizinan Sektor Tambang

28 Juni 2024 - 16:49 WIB

Zairullah Azhar Tinjau Lokasi Kebakaran, Janji Segera Lakukan Penanganan

28 Juni 2024 - 16:46 WIB

Raut Wajah Anak-anak Korban Kebakaran, Berubah Saat Kapolres Tanbu Hibur dan Bawa Banyak Mainan

27 Juni 2024 - 16:47 WIB

Kesulitan Air Bersih, Kapolres Tanbu AKBP Arief Letakkan Batu Pertama Sumur Bor di Desa Trimartani

25 Juni 2024 - 16:50 WIB

Warga Desa Trimartani Terima Program CSR PT Borneo Indobara Berupa Pengadan Sumber Air Bersih

25 Juni 2024 - 16:40 WIB

Zairullah Pastikan Jalan Alternatif KM 171 Secepatnya Diaspal, Anggarkan 13 Miliar

24 Juni 2024 - 16:54 WIB

Trending di Advetorial