Menu

Mode Gelap
Milenial Tanbu Rela Keluarkan Dana Pribadi Untuk Bersihkan Jalan Desa Satiung Waket DPRD Tanbu Sebut Generasi Muda Harus Ikut Berkontribusi Untuk Negeri Tanbu Launching Gerakan Pengibaran 5.000 Bendera Merah Putih Semarakan HUT RI Ke-78 Eksekutif Sampaikan KUA PPAS Perubahan Tahun 2023 Dinas PUPR Gelar Pembinaan Tekhnis Infrastruktur Persampahan.

Advetorial · 30 Agu 2023 01:41 WIB ·

Simulasi Pengamanan Pemilu 2024 Diwarnai Aksi Penculikan Ketua KPU Tanbu


 Simulasi Pengamanan Pemilu 2024 Diwarnai Aksi Penculikan Ketua KPU Tanbu Perbesar

BATULICIN – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Bumbu hampir bernasib buruk lantaran sempat diculik oleh oknum yang tidak diketahui identitasnya.

Namun, aksi penculikan tersebut berhasil digagalkan oleh tim pengamanan Personil Polres Tanah Bumbu dan Brimob Batalyon A Batulicin dan anggota TNI setempat.

Tiga pelaku penculikan berhahasil dihemtikan dan ditembak mati oleh petugas.

Begitulah simulasi yang dilakukan jajaran Polres Tanah Bumbu dan Brimob Batalyon A Batulicin dalam acara Simulasi Sispamkota Pemilu yang dilaksanakam dilapangan Polres Tanah Bumbu, Rabu (30/8/2023) pagi.

Peragaan simulasi personel Polres Tanah Bumbu dan Brimob Batalyon A Batulicin saat itu menggunakan pakaian antihuru hara dan kendaraan taktis serta memperagakan teknik penanganan massa unjuk rasa yang bertindak anarkis di Kantor KPU Tanah Bumbu.

“Simulasi sistem pengamanan kota ini sebagai upaya kesiapsiagaan dalam menghadapi situasi kerawanan yang mungkin terjadi saat pelaksanaan pemilu nanti,” kata Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Tri Hambodo SIK krpada media usai kegiatan Sispamkota dilaksanakan.

Simulasi Sispamkota tersebut melibatkan berbagai instansi, yakni personel Polri dan TNI, Brimob Batalyon A Batulicin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanah Bumbu serta masyarakat sekitar.

Dalam peragaan Sispamkota tersebut, sejumlah simulasi pengamanan pemilu diperagakan, di antaranya pendistribusian logistik yang diskenariokan sempat mendapat gangguan dan ancaman dari orang tidak dikenal, namun dengan sigap tim pengamanan berhasil mengatasi berbagai gangguan itu.

” Simulasi Sispamkota itu merupakan uji kemampuan dalam mengendalikan massa yang mengganggu pelaksanaan pemilu,” ungkapnya.

Latihan sistem pengamanan kota itu perlu dilakukan secara berkelanjutan dalam rangka menguji kesiapsiagaan personel kepolisian, khususnya di wilayah hukum Polres Tanah Bumbu agar dapat memahami tugas masing-masing.

“Semua itu latihan, kalau memang kejadiannya seperti itu, personel kita sudah siap, tapi mudah-mudahan kejadian seperti itu tidak terjadi pada Pemilu mendatang di Tanah Bumbu,” harap Kapolres

Dia mengatakan, untuk simulasi Simpamkota ini pihaknya melibatkan 250 personel yang terdiri dari Polres, Polsek dan Brimob serta 250 masyarakat untuk berperan memperagakan simulasi ini.

Simulasi itu disaksikan Forkopimda dan Ketua KPU Tanah Bumbu, Puryadi.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Pemkab Tanbu Ikuti Rakoor Penataan Perizinan Sektor Tambang

28 Juni 2024 - 16:49 WIB

Zairullah Azhar Tinjau Lokasi Kebakaran, Janji Segera Lakukan Penanganan

28 Juni 2024 - 16:46 WIB

Raut Wajah Anak-anak Korban Kebakaran, Berubah Saat Kapolres Tanbu Hibur dan Bawa Banyak Mainan

27 Juni 2024 - 16:47 WIB

Kesulitan Air Bersih, Kapolres Tanbu AKBP Arief Letakkan Batu Pertama Sumur Bor di Desa Trimartani

25 Juni 2024 - 16:50 WIB

Warga Desa Trimartani Terima Program CSR PT Borneo Indobara Berupa Pengadan Sumber Air Bersih

25 Juni 2024 - 16:40 WIB

Zairullah Pastikan Jalan Alternatif KM 171 Secepatnya Diaspal, Anggarkan 13 Miliar

24 Juni 2024 - 16:54 WIB

Trending di Advetorial