Menu

Mode Gelap
Milenial Tanbu Rela Keluarkan Dana Pribadi Untuk Bersihkan Jalan Desa Satiung Waket DPRD Tanbu Sebut Generasi Muda Harus Ikut Berkontribusi Untuk Negeri Tanbu Launching Gerakan Pengibaran 5.000 Bendera Merah Putih Semarakan HUT RI Ke-78 Eksekutif Sampaikan KUA PPAS Perubahan Tahun 2023 Dinas PUPR Gelar Pembinaan Tekhnis Infrastruktur Persampahan.

Advetorial · 21 Mar 2024 16:15 WIB ·

Renovasi Kubah Pagatan Akhirnya Telah Rampung, Usai Lebaran Bakal Diresmikan Bupati Tanbu


 Renovasi Kubah Pagatan Akhirnya Telah Rampung, Usai Lebaran Bakal Diresmikan Bupati Tanbu Perbesar

BATULICIN – Keseriusan mewujudkan Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu terus berbenah dengan merampungkan sejumlah renovasi destinasi wisata religi.

Misalnya saja, destinasi wisata religi Kubah Pagatan di Kelurahan Pagatan Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Kubah ini adalah makam
Mufti Syeikh H Muhammad Arsyad Bin Mufti Syeikh Muhammad As’ad Al Banjari.

Kini renovasi kubah pagatan ini telah rampung dan bakal diresmikan usai Lebaran Idul Fitri. Yang diketahui renovasi bangunan kubah pagatan telah dilaksanakan di tahun jamak 2022 – 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporpar) Pemkab Tanah Bumbu, H Syamsuddin mengatakan saat ini renovasi kawasan Kubah Pagatan sudah selesai dan sudah dibuka.

” Renovasi sudah selesai, dan rencananya akan diresmikan Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar usai lebaran nanti,” ungkap Syamsuddin.

Tujuan dari renovasi, terang dia, agar jamaah yang melakukan ziarah ke Kubah Pagatan akan merasa nyaman dan tidak kesempitan lagi.

Jika semua fasilitas penunjang tersedia dan pengunjung yang datang merasa nyaman tentu akan menambah khusuk dalam berziarah dan ini lah yang sudah diwujudkan.

Di destinasi wisata religi Kubah Pagatan, terdapat makam ulama besar yaitu Mufti Syeikh H Muhammad Arsyad Bin Mufti Syeikh Muhammad As’ad Al Banjari.

“ Beliau merupakan zuriat dari Waliyullah Syeikh Arsyad Al Banjari atau Datu Kalampayan Kabupaten Banjar,” ugkapnya.

Mufti Syeikh H Muhammad Arsyad Bin Syeikh Muhammad As’ad dikenal memiliki pengetahuan dan wawasan serta ilmu yang tinggi dalam agama Islam atau seorang yang alim.

“Beliau adalah seorang mulia yang sangat berjasa terhadap ummat Islam di Kabupaten Tanah Bumbu dan umumnya Kalimantan Selatan pada zaman kerajaan pagatan dan kusan,” sambung dia.

Dalam renovasi destinasi wisata religi Kawasan Kubah Pagatan, Pemkab Tanah Bumbu menghabiskan anggaran sebesar Rp 7,5 Miliyar dari APBD kabupaten.

“ Destinasi wisata religi ini memang perlu dirawat, karena paling banyak didatangi peziarah, baik dari peziarah lokal maupun peziarah yang berasal dari luar kabupaten dan luar pulau. Terlebih lagi saat acara haul, dipenuhi banyak jamaah,” bebernya.

Baca Juga  Rumah Inspirasi Kreatif Tanah Bumbu, Kini Sasar Pelatihan Budidaya Jamur Tiram di Batulicin

Diharapkan H Syamsuddin, setelah renovasi, jumlah kunjungan peziarah ke destinasi wisata religi kawasan Kubah Pagatan akan mengalami kenaikan yang signifikan.

“Sebelumnya, selama pekerjaan area ini ditutup untuk umum, namun masih banyak peziarah yang datang meski hanya bisa berdoa dari luar pagar. Tetapi sekarang ini, masyarakat sudah boleh masuk area kubah,” kata dia.

Ini, sambung dia, membuktikan bahwa antusias masyarakat dalam berziarah ke Kubah Pagatan sangat tinggi. “Ini membuktikan bahwa warga Kabupaten Tanah Bumbu berkarakter religius dan sangat cocok dengan tujuan Bupati Abah Zairullah dalam mewujudkan Serambi Madinah,” bangga dia.

Inspirasi Masjid Madinah

Bangunan Kubah Pagatan saat ini berubah 100 persen dan jauh lebih mewah dan punya tampilan yang sangat keren.

Tampilannya mirip dengan Masjid di Madinah. Terlihat dari bentuk dan ornamennya yang begitu ketimuran masjid di Madinah.

Semua kubahnya telah berubah dan hanya ada satu menara yang tinggi setelah direnovasi.

Ruangan makamnya telah diperbesar dan ruangannya kini telah dilengkapi dengan AC dan dikelilingi kaca yang kini susananya tertata rapi.

” Alhamdulillah kini sudah selesai. Tinggal menunggu peresmian saja dan bangunan ini terinsiprasi dari Masjid di Madinah sesuai denga mott Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata Tanah Bumbu, H Syamsuddin, Rabu (20/3/2024).

Namun renovasi bangunan ini tidak memyentuh nisan dari makam Syekh Mufti karena hanya kubah dan bangunan lainnya yang direnovasi.

Setelah selesai renovasi, tambah dia, destinasi wisata religi Kubah Pagatan ini juga dibuat terintegrasi dengan objek wisata alam Pantai Pagatan yang merupakan ikon Kabupaten Tanah Bumbu.

“Jadi selain berziarah, pengunjung akan langsung bisa menikmati angin pantaui dan berwisata ke pantai pagatan,” tambah dia.

Program renovasi kawasan Kubah Pagatan ini adalah salah satu langkah konkrit dalam mewujudkan Kabupaten Tanah Bumbu Menuju Serambi Madinah.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 2 kali

Baca Lainnya

Pemkab Tanbu Ikuti Rakoor Penataan Perizinan Sektor Tambang

28 Juni 2024 - 16:49 WIB

Zairullah Azhar Tinjau Lokasi Kebakaran, Janji Segera Lakukan Penanganan

28 Juni 2024 - 16:46 WIB

Raut Wajah Anak-anak Korban Kebakaran, Berubah Saat Kapolres Tanbu Hibur dan Bawa Banyak Mainan

27 Juni 2024 - 16:47 WIB

Kesulitan Air Bersih, Kapolres Tanbu AKBP Arief Letakkan Batu Pertama Sumur Bor di Desa Trimartani

25 Juni 2024 - 16:50 WIB

Warga Desa Trimartani Terima Program CSR PT Borneo Indobara Berupa Pengadan Sumber Air Bersih

25 Juni 2024 - 16:40 WIB

Zairullah Pastikan Jalan Alternatif KM 171 Secepatnya Diaspal, Anggarkan 13 Miliar

24 Juni 2024 - 16:54 WIB

Trending di Advetorial