Menu

Mode Gelap
Milenial Tanbu Rela Keluarkan Dana Pribadi Untuk Bersihkan Jalan Desa Satiung Waket DPRD Tanbu Sebut Generasi Muda Harus Ikut Berkontribusi Untuk Negeri Tanbu Launching Gerakan Pengibaran 5.000 Bendera Merah Putih Semarakan HUT RI Ke-78 Eksekutif Sampaikan KUA PPAS Perubahan Tahun 2023 Dinas PUPR Gelar Pembinaan Tekhnis Infrastruktur Persampahan.

Advetorial · 8 Mei 2024 07:27 WIB ·

Luncurkan INTRIK, Andi Achsan Dorong Efesiensi Administrasi Berbasis Teknologi Website


 Luncurkan INTRIK, Andi Achsan Dorong Efesiensi Administrasi Berbasis Teknologi Website Perbesar

BATULICIN –Kasubbag TU UPTD Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Tanah Bumbu, Andi Achsan Setiawan, SKep membuat terobosan. Lahirkan sebuah inovasi terbaru dalam pengelolaan retribusi jasa kebersihan.

Yakni aplikasi bernama INTRIK atau Identifikasi dan Penyetoran Retribusi Jasa Kebersihan. Tujuannya untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam layanan publik. Langkah maju dengan mengadopsi teknologi website dalam proses identifikasi dan penyetoran retribusi.

Peluncuran ini bagian dari Aksi Perubahan Pelayanan Publik Andi Achsan Setiawan dalam Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan V Tahun 2024 di Banjarbaru.

“Inovasi ini, yang kami sebut INTRIK, tidak hanya akan memudahkan akses informasi bagi masyarakat tentang retribusi jasa kebersihan, tetapi juga akan meningkatkan efisiensi administrasi,” ujar Andi Achsan Setiawan, SKep, Rabu (8/5/2024).

Dijelaskannya, INTRIK merupakan langkah terobosan yang bertujuan untuk memperbaiki aksesibilitas informasi terkait retribusi jasa kebersihan.

“Dengan menggunakan teknologi website, UPTD Pengelolaan Sampah mampu memberikan akses yang mudah bagi semua pihak untuk mendapatkan informasi tentang tarif retribusi, prosedur pembayaran dan pembaruan kebijakan secara real-time,” terangnya.

Inovasinya bahkan mendapatkan dukungan penuh dari Wakil Bupati Tanah Bumbu, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), serta Kabid PSLB3 DLH Tanah Bumbu.

“Ini adalah langkah signifikan dalam meningkatkan keterbukaan dan keterlibatan masyarakat dalam proses pengelolaan kebersihan lingkungan,” ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, DR H Ambo Sakka.

Selain memberikan keuntungan bagi masyarakat, pemanfaatan teknologi website juga akan membantu UPTD dalam meningkatkan efisiensi administrasi.

Kepala Bapenda Kabupaten Tanah Bumbu, H Deny Harianto menambahkan, dengan adanya sistem otomatisasi, proses administrasi seperti pencatatan data, pembuatan laporan dan pelacakan pembayaran dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat.

“Peningkatan efisiensi ini akan membantu kita dalam memaksimalkan pendapatan dari retribusi, yang pada akhirnya akan berdampak positif bagi pembiayaan layanan kebersihan di Tanah Bumbu,” jelasnya.

Dukungan penuh dari para pemimpin daerah ini menunjukkan komitmen mereka untuk terus berinovasi dalam memberikan layanan publik yang lebih baik bagi masyarakat.

Dengan adopsi teknologi website dalam pengelolaan retribusi jasa kebersihan, Kabupaten Tanah Bumbu semakin menegaskan posisinya sebagai pionir dalam penerapan solusi digital untuk kemajuan daerah.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Pemkab Tanbu Ikuti Rakoor Penataan Perizinan Sektor Tambang

28 Juni 2024 - 16:49 WIB

Zairullah Azhar Tinjau Lokasi Kebakaran, Janji Segera Lakukan Penanganan

28 Juni 2024 - 16:46 WIB

Raut Wajah Anak-anak Korban Kebakaran, Berubah Saat Kapolres Tanbu Hibur dan Bawa Banyak Mainan

27 Juni 2024 - 16:47 WIB

Kesulitan Air Bersih, Kapolres Tanbu AKBP Arief Letakkan Batu Pertama Sumur Bor di Desa Trimartani

25 Juni 2024 - 16:50 WIB

Warga Desa Trimartani Terima Program CSR PT Borneo Indobara Berupa Pengadan Sumber Air Bersih

25 Juni 2024 - 16:40 WIB

Zairullah Pastikan Jalan Alternatif KM 171 Secepatnya Diaspal, Anggarkan 13 Miliar

24 Juni 2024 - 16:54 WIB

Trending di Advetorial