Menu

Mode Gelap
Milenial Tanbu Rela Keluarkan Dana Pribadi Untuk Bersihkan Jalan Desa Satiung Waket DPRD Tanbu Sebut Generasi Muda Harus Ikut Berkontribusi Untuk Negeri Tanbu Launching Gerakan Pengibaran 5.000 Bendera Merah Putih Semarakan HUT RI Ke-78 Eksekutif Sampaikan KUA PPAS Perubahan Tahun 2023 Dinas PUPR Gelar Pembinaan Tekhnis Infrastruktur Persampahan.

Advetorial · 8 Des 2023 13:03 WIB ·

Kaji Tiru ke Kota Surabaya, Tim Satgas Saber Pungli Tanbu Akan Adopsi Sejumlah Cara Pencegahan


 Kaji Tiru ke Kota Surabaya, Tim Satgas Saber Pungli Tanbu Akan Adopsi Sejumlah Cara Pencegahan Perbesar

BATULICIN – Kaji Tiru ke Inspektorat Kota Surabaya, Tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kabupaten Tanah Bumbu, mendapatkan sejumlah hal yang bisa diterapkan.

Kunjungan dipimpin Ketua II sekaligus Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Eka Saprudin, bersama Tim Satgas Wakil Ketua I, Inspektur Yulian Herawati, bersama Wakil Ketua II Kasi IntelijenKejaksaan Negeri Tanah Bumbu, Seno Aji bersama jaksa lainnya serta Polres Tanah Bumbu dan dua orang jurnalis.

Kedatangan tim tersebut, disambut Inspektur Pembantu Khusus (Irbansus) Kota Surabaya, Tatang Imawan bersama Inspektur Pembantu, Eko dan Tim Saber dari Polresta Kota Surabaya, Aiptu Eko serta Polres Tanjung Perak, Sugeng di Kantor Inspektorat Kota Surabaya, Jumat (8/12/2023).

Terjadi diskusi dan sharing, yang mana dijelaskan Saber Pungli di Kota Surabaya terbentuk pada 2017 lalu dan sempat menindak dua kasus Pungli di antaranya adalah Kasus oknum Lurah yang memungut uang dari PKL sebesar Rp 600.000 hingga oknum tersebut diberhentikan dan diproses hukum. Namun setelah itu kini lebih banyak ke pencegahan.

Menyikapi hasil kaji tiru tersebut, ketua II Satgas Saber Pungli Tanah Bumbu, Eka Sapruddin, menyebutkan apa yang disampaikan oleh tim Saber Pungli Kota Surabaya, menarik. Ada beberapa hal yang akan diadopsi terutama pada bagian pencegahan.

Tujuan dari Kaji tiru ini, diakuinya memang untuk menambah wawasan apa yang dilakukan saber pungli di Surabaya, pencegahan dan apa yang dianggap bisa diterapkan di Tanbu, akan diterapkan ditambah penguatan koordinasi.

” Yang jelas studi kaji tiru ini penting kita laksanakan dan ini sebagai upaya kita belajar apa yang tidak ada dikita bisa ditiru. Kita juga bisa memperbanyak sosialisasi dan bidang pelayanan publik seperti yang dijalankan di Kota Surabaya,” katanya.

Masukan paling penting juga dalam kaji tiru ini adalah memaksimalkan peran 3 pilar (Polres, TNI dan Pemerintah) hingga tingkat paling bawah.

Ditambahkan Inspektur Tanbu, Yulian Herawati, kedepan timnya akan memaksimalkan kinerja dari tim Satgas ini. Apa yang telah didapatkan dari hasil studi tiru ini bisa diimplementasikan di Bumi Bersujud.

” Kita upayakan pencegahan dan sosialisasi dibidang pelayanan terutama yang bersentuhan dengan masyarakat. Begitu juga di sekolah-sekolah juga menjadi perhatian yang rawan terjadi pungli serta di tingkat kecamatan dan desa, ” pungkasnya.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Pemkab Tanbu Ikuti Rakoor Penataan Perizinan Sektor Tambang

28 Juni 2024 - 16:49 WIB

Zairullah Azhar Tinjau Lokasi Kebakaran, Janji Segera Lakukan Penanganan

28 Juni 2024 - 16:46 WIB

Raut Wajah Anak-anak Korban Kebakaran, Berubah Saat Kapolres Tanbu Hibur dan Bawa Banyak Mainan

27 Juni 2024 - 16:47 WIB

Kesulitan Air Bersih, Kapolres Tanbu AKBP Arief Letakkan Batu Pertama Sumur Bor di Desa Trimartani

25 Juni 2024 - 16:50 WIB

Warga Desa Trimartani Terima Program CSR PT Borneo Indobara Berupa Pengadan Sumber Air Bersih

25 Juni 2024 - 16:40 WIB

Zairullah Pastikan Jalan Alternatif KM 171 Secepatnya Diaspal, Anggarkan 13 Miliar

24 Juni 2024 - 16:54 WIB

Trending di Advetorial