Menu

Mode Gelap
Milenial Tanbu Rela Keluarkan Dana Pribadi Untuk Bersihkan Jalan Desa Satiung Waket DPRD Tanbu Sebut Generasi Muda Harus Ikut Berkontribusi Untuk Negeri Tanbu Launching Gerakan Pengibaran 5.000 Bendera Merah Putih Semarakan HUT RI Ke-78 Eksekutif Sampaikan KUA PPAS Perubahan Tahun 2023 Dinas PUPR Gelar Pembinaan Tekhnis Infrastruktur Persampahan.

Advetorial · 23 Apr 2024 21:23 WIB ·

Jamin Kebersihan Mappanre Ri Tasi-E, DLH Tanbu Kerahkan 50 Pasukan Orange


 Jamin Kebersihan Mappanre Ri Tasi-E, DLH Tanbu Kerahkan 50 Pasukan Orange Perbesar

BATULICIN – Sebanyak 50 petugas kebersihan diterjunkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu dalam event besar Pesta Laut Mappanre Ri Tasi-E 2024 di Pagatan, Kusan Hilir.

Pasukan Orange itu dikerahkan selama Pesta Adat Pesona Budaya Maritim masyarakat nelayan Pagatan itu berlangsung. Yakni sejak 28 April hingga 1 Mei 2024.

“Kami kerahkan 50 orang petugas kebersihan, 8 orang petugas RTH dari area Kusan Hilir dan Simpang Empat waktu kerja pagi dan sore,” ucap Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Tanah Bumbu, Indah Maya Suryanti, ST, Selasa (23/4/2024).

Menurut Indah Maya Suryanti, pengelolaan sampah rutin selama pra, pesta pantai dan pasca dilakukan pembersihan pagi dan sore.

“Sampah terkumpul akan dipilah di yg ekonomis di arahkan ke bank sampah induk, dan yg residu masuk ke TPA sei dua,” kata Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Tanah Bumbu ini.

Baca Juga :  Safari Ramadan PT BUMA, Bagikan Santunan Kepada Anak Yatim di Dua Desa

Apa tugas mereka selama Expo dan Mappanre Ri Tasi-E ? Menjamin kebersihan. “Melakukan pembersihan lokasi di seluruh area Pesta Pantai, khusus untuk di area pantai berkolaborasi dengan Pokdarwis dari Disbudporpar (Tanbu),” urainya.

Disinggung terkait apakah ada sosialisasi menjaga kebersihan kepada pengunjung dan pedagang ? Ia menjawab singkat, ya. “Seperti tahun-tahun sebelumnya,” tegasnya.

Adapun sosialisasi yang diambil pihaknya, berupa imbauan door to door ke pedagang saat pembukaan untuk melakukan pemilahan dan pembuangan sampah dengan tertib di tempat yang sudah disediakan.

“Serta waktu pembuangannya di malam hari atau selesai aktifitas sehingga sampah dapat terangkut tuntas di esok harinya saat rekan-rekan petugas memulai kegiatan pembersihan dan pengangkutan sampah,” terangnya.

Selain itu, sambungnya, juga dilakukan pemasangan spanduk imbauan agar tertib buang sampah bagi pengunjung dan pedagang.

“Kemudian juga koordinasi dengan EO untuk mengumumkan setiap hari imbauan tertib kelola sampah di area panggung utama,” lanjutnya.

Baca Juga :  BK DPRD Tanbu, Belajar ke DPRD Tanah Paser Kaltim

Ada juga koordinasi dengan pokdarwis dari Disbudporpar Tanah Bumbu terkait pengelolaan sampah di area pantai. “Lainnya menyesuaikan kondisi di lapangan,” imbuhnya.

Indah menjelaskan, untuk menunjang operasional, DLH Tanah Bumbu mengerahkan 4 unit armada, 25 bak sampah 660 L, 50 unit tempat sampah 75 L. “Dan 1 kontainer 6 m3-nya,” terangnya.

Ia mengimbau seluruh pedagang bisa memilah sampah kering dan basah. Kemudian sampah dikemas baik, ditempatkan di TPS yang tersedia saat pembuangan yang ditentukan. Yaitu malam hari selesai aktifitas.

“Kami juga imbau bagi pengunjung agar membuang sampah di TPS yang disediakan. Sehingga jika semua pihak mendukung, lingkungan sekitar area kegiatan tetap bersih, nyaman, dan tertib pembuangan sampah maka setiap harinya sampah akan terangkut tuntas oleh petugas menuju ke TPA,” tandasnya.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Pemkab Tanbu Ikuti Rakoor Penataan Perizinan Sektor Tambang

28 Juni 2024 - 16:49 WIB

Zairullah Azhar Tinjau Lokasi Kebakaran, Janji Segera Lakukan Penanganan

28 Juni 2024 - 16:46 WIB

Raut Wajah Anak-anak Korban Kebakaran, Berubah Saat Kapolres Tanbu Hibur dan Bawa Banyak Mainan

27 Juni 2024 - 16:47 WIB

Kesulitan Air Bersih, Kapolres Tanbu AKBP Arief Letakkan Batu Pertama Sumur Bor di Desa Trimartani

25 Juni 2024 - 16:50 WIB

Warga Desa Trimartani Terima Program CSR PT Borneo Indobara Berupa Pengadan Sumber Air Bersih

25 Juni 2024 - 16:40 WIB

Zairullah Pastikan Jalan Alternatif KM 171 Secepatnya Diaspal, Anggarkan 13 Miliar

24 Juni 2024 - 16:54 WIB

Trending di Advetorial