Menu

Mode Gelap
Milenial Tanbu Rela Keluarkan Dana Pribadi Untuk Bersihkan Jalan Desa Satiung Waket DPRD Tanbu Sebut Generasi Muda Harus Ikut Berkontribusi Untuk Negeri Tanbu Launching Gerakan Pengibaran 5.000 Bendera Merah Putih Semarakan HUT RI Ke-78 Eksekutif Sampaikan KUA PPAS Perubahan Tahun 2023 Dinas PUPR Gelar Pembinaan Tekhnis Infrastruktur Persampahan.

Advetorial · 23 Apr 2024 21:20 WIB ·

Gelar Bazar Barter Sampah, Terobosan DLH Tanah Bumbu saat Puncak Mappanre Ri TasiE 2024


 Gelar Bazar Barter Sampah, Terobosan DLH Tanah Bumbu saat Puncak Mappanre Ri TasiE 2024 Perbesar

BATULICIN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu, membuat terobosan menyulap sampah menjadi barang bernilai ekonomis.

Wacananya SKPD ini bakal menyelenggarakan Bazar Barter Sampah saat momentum puncak pelaksanaan Mappanre Ri Tasi-E, 28 April 2024 mendatang.

Kegiatan ini nantinya masih dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2024 di lingkup Kabupaten Tanah Bumbu.

“DLH akan melaksanakan kegiatan bazar barter atau tukar sampah anorganik bernilai ekonomis dengan aneka jenis sembako,” ungkap Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Tanah Bumbu, Indah Maya Suryanti, Selasa (23/4/2024).

Dikatakan Indah, kegiatan ini disupport oleh Tim Bank Sampah Induk (BSI) BANG JULPIKAR’S UPTD Pengelolaan Sampah.

“Agenda ini sesuai dengan salah satu sasaran kegiatan BSI dengan akronim BANG JULPIKAR’S yaitu Sumbang, Jual, Pilah, dan Tukar Sampah,” terangnya.

Indah menyebutkan, selain seperti kegiatan Bank Sampah lainnya yang masih fokus pada aktifitas pemilahan lalu dijual ke pihak lain, BSI BANG JULPIKAR’S juga ingin hadir di tengah-tengah masyarakat.

Baca Juga :  Hilang Di Sungai, Tim SAR Banjarmasin Temukan Nelayan Muhyar di Aluh-Aluh

“Yakni dengan bentuk kegiatan lainnya seputar dengan pengelolaan persampahan, sekaligus dalam rangka mendukung kemeriahan Pesta Pantai Mappanreritasi’e,” tuturnya .

Juga, sambungnya, dalam rangka agenda peringatan HUT Kabupaten Tanah Bumbu dengan menyisipkan pesan Ramah Lingkungan.

Ia menjelaskan, rencana lokasi kegiatan akan dilaksanakan di stand BSI BANG JULPIKAR’S di area Pesta Pantai Pagatan. Dimulai Pada tanggal 28 April 2024 di mulai dari pukul 10.00 Wita hingga selesai.

Masyarakat diajak memanfaatkan program ini, bisa membawa sampah anorganik bernilai ekonomisnya seperti botol air mineral berbagai merk, kertas, kardus, kaleng dalam kondisi bersih ke stan BSI.

“Nantinya petugas akan menilai kondisi dan jumlah sampah tersebut yang akan dibarter dengan berbagai jenis sembako yang tersedia,” sambung Indah lagi.

Dikatakan Indah, selain kegiatan barter/tukar sampah, selama penyelanggaraan pameran expo, DLH juga melaksanakan kuis pertanyaan berhadiah langsung dan juga undian berhadiah utama televisi, sepeda, kipas angin, magic com dan hadiah menarik lainnya bagi siapapun yang menyetorkan kerajinan tangan dari bahan bekas bernilai manfaat ke stan DLH.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya

Pemkab Tanbu Ikuti Rakoor Penataan Perizinan Sektor Tambang

28 Juni 2024 - 16:49 WIB

Zairullah Azhar Tinjau Lokasi Kebakaran, Janji Segera Lakukan Penanganan

28 Juni 2024 - 16:46 WIB

Raut Wajah Anak-anak Korban Kebakaran, Berubah Saat Kapolres Tanbu Hibur dan Bawa Banyak Mainan

27 Juni 2024 - 16:47 WIB

Kesulitan Air Bersih, Kapolres Tanbu AKBP Arief Letakkan Batu Pertama Sumur Bor di Desa Trimartani

25 Juni 2024 - 16:50 WIB

Warga Desa Trimartani Terima Program CSR PT Borneo Indobara Berupa Pengadan Sumber Air Bersih

25 Juni 2024 - 16:40 WIB

Zairullah Pastikan Jalan Alternatif KM 171 Secepatnya Diaspal, Anggarkan 13 Miliar

24 Juni 2024 - 16:54 WIB

Trending di Advetorial