Menu

Mode Gelap
Milenial Tanbu Rela Keluarkan Dana Pribadi Untuk Bersihkan Jalan Desa Satiung Waket DPRD Tanbu Sebut Generasi Muda Harus Ikut Berkontribusi Untuk Negeri Tanbu Launching Gerakan Pengibaran 5.000 Bendera Merah Putih Semarakan HUT RI Ke-78 Eksekutif Sampaikan KUA PPAS Perubahan Tahun 2023 Dinas PUPR Gelar Pembinaan Tekhnis Infrastruktur Persampahan.

Advetorial · 29 Agu 2023 14:21 WIB ·

Dukung Program Wisata Siring Pagatan, Pemkab Tanbu Bakal Bangun Jalan Bypass Sepanjang 3 KM


 Dukung Program Wisata Siring Pagatan, Pemkab Tanbu Bakal Bangun Jalan Bypass Sepanjang 3 KM Perbesar

BATULICIN, INSPIRASI BANUA.COM, Advetorial Khusus – Guna mendukung program pariwisata dan memperlancar arus lalu lintas agar suasana di jalan raya tetap lancar, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, mulai rencanakan pembangunan Jalan Bypass.

Dikepemimpinan Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar dan wakilnya H Muhammad Rusli, tengah melaksanakan perencanaan pembangunan Jalan Bypas di kawasan Pagatan Kecamatan Kusan Hilir.

Lokasi Jalan Bypass ini ada di titik Jalan Sungai Lembu sampai dengan Desa Beringin Kecamatan Kusan Hilir.

Melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang
Kabupaten Tanah Bumbu, saat ini sedang melaksanakan pekerjaan Perencanaan Pembangunan Jalan Bypass Pantai Siring Pagatan Kecamatan Kusan Hilir yang akan dilaksanakan oleh Penyedia pekerjaan Konsultansi.

Dalam perencanaan ini, untuk merencanakan Pembangunan Jalan By Pass, agar tersedianya sarana dan prasarana transportasi yang baik didaerah tersebut.

Adapun maksud dan tujuan, Jasa pelayanan ini dimaksudkan untuk membantu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tanah Bumbu Bidang Bina Marga dalam rangka melaksanakan pekerjaan Perencanaan Pembangunan Jalan Bypass Pantai Siring Pagatan.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tanah Bumbu, Hernadi Wibisono didampingi Kabid Bina Marganya, Ramdan Nasution, mengatakan saat ini sudah proses.

” Sedang berjalan, proses perencanan tahun 2023 ini sudah jalan dengan anggaran Rp 500.000.000,” katanya.

Harapannya di tahun 2024, lanjut Hernadi, sudah bisa dikerjakan untuk pembebasan lahan dan pengerjaan fisik bangunan jalan.

Tujuan dari kegiatan perencanaan ini, yaitu terkait ketersediaan perencanaan teknis jalan yang berwawasan lingkungan, serta dokumen pelelangan, sesuai dengan rencana menggunakan standar prosedur yang berlaku.

Hal itu, agar tercapainya mutu pekerjaan perencanaan, tercapainya penyelesaian penanganan masalah-masalah yang sifatnya khusus serta memenuhi tingkat perekonomian yang tinggi sehingga tingkat pelayanan jalan yang diinginkan selama ini dapat tercapai.

” Sasaran yang dicapai dari pekerjaan perencanaan ini, agar tercapaianya ketersedian perencanaan teknis jalan pada ruas jalan, tercapainya penyelesaian penanganan masalah sehingga tingkat pelayanan jalan yang diinginkan selama umur rencana dapat tercapai,” katanya.

Panjang Jalan Bypass 3 KM

Rencana pembangunan jalan Bypass ini adalah sebagai penunjang kelancaran lalu lintas. Sebab jalan yang ada saat ini yang berada di Desa Sungai Lembu dan Desa Beringin telah dikonsep untuk pembangunan atau penataan wisata Siring Pagatan.

Dua desa di Kusan Hilir ini menjadi lokasi destinasi wisata yang saat ini proses penyelesaian Penataan Kawasan Wisata dan wisata religi masjid Apung.

Jalan yang ada saat ini, tidak akan dilewati kendaraan angkutan barang lagi karena sudah dibangunkan jalan Bypass tersendiri.

Untuk jalan akan dibagi dua, yaitu kawasan wisata dan jalan umum untuk semua jenis kendaraan yang dikenal dengan nama jalan Bypass.

Kabid Bina Marga PUPR Tanah Bumbu, Ramdan Nasution Saat Diwawancarai Media

” Panjang jalan Bypass yang kami bangun nanti sepanjang 3 KM untuk dua desa ini, ” kata Kepala Bidang Bina Marga, Ramdan Nasution, Rabu (23/8/2023).

Dikawasan Jalan Nasional yang ada di depan Siring Pagatan itu, nantinya khusus pengunjung wisata yang bisa lewat di jalan tersebut.

” Proses penataan wisata sedang berproses tahapannya. Kita berharap semuanta bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan, ” katanya.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Pemkab Tanbu Ikuti Rakoor Penataan Perizinan Sektor Tambang

28 Juni 2024 - 16:49 WIB

Zairullah Azhar Tinjau Lokasi Kebakaran, Janji Segera Lakukan Penanganan

28 Juni 2024 - 16:46 WIB

Raut Wajah Anak-anak Korban Kebakaran, Berubah Saat Kapolres Tanbu Hibur dan Bawa Banyak Mainan

27 Juni 2024 - 16:47 WIB

Kesulitan Air Bersih, Kapolres Tanbu AKBP Arief Letakkan Batu Pertama Sumur Bor di Desa Trimartani

25 Juni 2024 - 16:50 WIB

Warga Desa Trimartani Terima Program CSR PT Borneo Indobara Berupa Pengadan Sumber Air Bersih

25 Juni 2024 - 16:40 WIB

Zairullah Pastikan Jalan Alternatif KM 171 Secepatnya Diaspal, Anggarkan 13 Miliar

24 Juni 2024 - 16:54 WIB

Trending di Advetorial