Menu

Mode Gelap
Milenial Tanbu Rela Keluarkan Dana Pribadi Untuk Bersihkan Jalan Desa Satiung Waket DPRD Tanbu Sebut Generasi Muda Harus Ikut Berkontribusi Untuk Negeri Tanbu Launching Gerakan Pengibaran 5.000 Bendera Merah Putih Semarakan HUT RI Ke-78 Eksekutif Sampaikan KUA PPAS Perubahan Tahun 2023 Dinas PUPR Gelar Pembinaan Tekhnis Infrastruktur Persampahan.

Advetorial · 22 Mei 2024 06:53 WIB ·

10 Finalis Masuk Tahap Penilaian Tanah Bumbu Innovation Award


 10 Finalis Masuk Tahap Penilaian Tanah Bumbu Innovation Award Perbesar

BATULICIN – Sebanyak 10 Finalis masuk penilaian Tanah Bumbu Innovation Award (TIA) Tahun 2024.

Penilaian di lakukan oleh Tim Juri TIA 2024, Rabu (22/5/2024) di Kantor Bupati Tanah Bumbu, Gunung Tinggi, Batulicin.

Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), Abah Zairullah Azhar dalam sambutannya di bacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra, Eka Saprudin menyambut baik dengan di laksanakannya TIA 2024 oleh Bappedalitbang Tanbu.

Bupati mengatakan Pemkab Tanbu melalui Bappedalitbang terus membangun ekosistem inovasi di dalam pembangunan daerah.

Dengan menggeliatnya iklim inovasi di harapkan dapat mendukung proses reformasi birokrasi. Dan meningkatkan pelayanan publik maupun percepatan perwujudan kesejahteraan masyarakat.

Birokrasi pada era digital saat ini menjadi lebih implementatif di dalam penyelenggaraan tata Kelola pemerintahan dan pelayanan publik.

“Inovasi menjadi kata kunci dalam perumusan kebijakan agar pelaksanaan pembangunan menjadi berkualitas dan implementatif. Serta menghadirkan layanan publik prima secara optimal,” sebutnya.

Ia juga menambahkan bahwa indeks inovasi daerah akan menjadi penilaian atas inovasi daerah yang akan mendorong persaingan antar pemerintah daerah. Serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Sehingga dapat terwujudnya kesejahteraan rakyat di Bumi Bersujud.

Sementara itu, Kepala Bappedalitbang Tanbu, Andi Anwar Sadat mengatakan. Dalam rangka mendorong percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik, maka perlu di lakukan membangun budaya inovasi. Salah satunya yakni dengan di laksanakannya Tanah Bumbu Innovation Award (TIA).

Pada tahap awal penjaringan TIA 2024 ini yakni bulan Februari dan Maret, sebut Kepala Bappedalitbang, ada sebanyak 76 inovasi yang di laporkan masuk masuk dalam aplikasi system riset dan inovasi (Serasi).

“Maksud dan tujuan di laksanakannya TIA 2024 yakni untuk menciptakan budaya inovasi di lingkungan pemerintah daerah Tanah Bumbu dalam rangka peningkatan kinerja pelayanan publik dan daya saing daerah,” ucapnya.

Ia juga berharap, Tanah Bumbu Innovation Award dapat membantu percepatan pembangunan di daerah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Adapun 10 Finalis tersebut yakni, Kategori SKPD, Pertama, Disdukcapil Tanbu dengan inovasinya yakni Detak-Detik (Desa Tertib Administrasi Kependudukan Dengan Teknologi Informasi Komunikasi).

Kedua, Bappedalitbang, dengan inovasinya yakni Sistem Informasi Riset dan Inovasi (SERASI).

Ketiga, Bappedalitbang, inovasi Sarana Impelemntasi Perencanaan Berbasis Spasial Untuk Percepatan Pembangunan (Simple Plan).

Keempat, Dinas PMPTSP, InovasiMy Perizinan, dan kelima Dinas Kominfo SP dengan inovasi Sistem Informasi Media Center Berbasis Android dan IOS terintegrasi (Simetris).

Sedangkan Inovasi Kategori Masyarakat yakni, pertama, SMK Muhammadiyah Kusan Hilir, Inovasinya Inhibisi Korosi Pada Baja lunak dalam media air gambut dengan menggunakan senyawa aktif dalam daun singkong.

Kedua, Pejuang Literasi Tanah Bumbu (PETA). Dengan inovasinya yakni Kuliah Gratis dan Road To School dalam upaya percepatan progrevitas talenta muda Tanah Bumbu.

Ketiga, SMK Negeri 1 Sungai Loban dengan inovasi pemanfaatan enzim bromelin dari kulit nenas sebagai anti inflamasi.

Keempat SMKN 2 Simpang Empat, program kewirausahaan siswa menuju sekolah mandiri sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Kelima, SMAN 1 Angsana, dengan inovasinya berupa Batik Ecoprint.

Tim Juri TIA 2024 yakni, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Eka Saprudin, Murwani Viviene Antang dari Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Kalimantan Selatan, dan Musdalifah dari Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Pemkab Tanbu Ikuti Rakoor Penataan Perizinan Sektor Tambang

28 Juni 2024 - 16:49 WIB

Zairullah Azhar Tinjau Lokasi Kebakaran, Janji Segera Lakukan Penanganan

28 Juni 2024 - 16:46 WIB

Raut Wajah Anak-anak Korban Kebakaran, Berubah Saat Kapolres Tanbu Hibur dan Bawa Banyak Mainan

27 Juni 2024 - 16:47 WIB

Kesulitan Air Bersih, Kapolres Tanbu AKBP Arief Letakkan Batu Pertama Sumur Bor di Desa Trimartani

25 Juni 2024 - 16:50 WIB

Warga Desa Trimartani Terima Program CSR PT Borneo Indobara Berupa Pengadan Sumber Air Bersih

25 Juni 2024 - 16:40 WIB

Zairullah Pastikan Jalan Alternatif KM 171 Secepatnya Diaspal, Anggarkan 13 Miliar

24 Juni 2024 - 16:54 WIB

Trending di Advetorial