Menu

Mode Gelap
Milenial Tanbu Rela Keluarkan Dana Pribadi Untuk Bersihkan Jalan Desa Satiung Waket DPRD Tanbu Sebut Generasi Muda Harus Ikut Berkontribusi Untuk Negeri Tanbu Launching Gerakan Pengibaran 5.000 Bendera Merah Putih Semarakan HUT RI Ke-78 Eksekutif Sampaikan KUA PPAS Perubahan Tahun 2023 Dinas PUPR Gelar Pembinaan Tekhnis Infrastruktur Persampahan.

Advetorial · 6 Okt 2023 02:53 WIB ·

Wakil Bupati dan Kadis PMD Hadiri Penutupan Pelatihan Perangkat Desa Yang Digelar JMSI Tanbu


 Wakil Bupati dan Kadis PMD Hadiri Penutupan Pelatihan Perangkat Desa Yang Digelar JMSI Tanbu Perbesar

BANJARMASIN – Wakil Bupati Tanah Bumbu H Muhammad Rusli dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Samsir hadiri kegiatan penutupan pelatihan Pengelolaan Informasi, Jurnalistik, dan Handel Media untuk Perangkat Desa, sekabupaten Tanah Bumbu.

Kehadiran ini rangkaian penutupan kegiatan yang digelar mulai 6 Oktober sampai 8 Oktober 2023 itu di salah satu hotel di Kota Banjarmasin.

Kepala Dinas PMD Samsir menyampaikan apresiasinya kepada Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) atas pelatihan yang mereka gelar untuk aparatur desa tersebut.

“Dengan adanya bimtek ini, diharapkan kepada semua desa menggunakan website untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait pelayanan publik maupun inovasi dalam memajukan desa,” paparnya.

Menurutnya saat ini, harus menyesuaikan perkembangan zaman dengan begitu cepatnya teknologi, melalui medsos dapat diakses khususnya kegiatan desa.

” Bimtek ini sangat dibutuhkan oleh desa sesuai dengan uu no 6 tahun 2014 tentang desa, majunya suatu desa harus mampu meningkatkan SDM khusus terkait aplikasi karena di medsos semua dapat dilihat,” ucap Samsir.

Sementara itu, sebagai Wakil Bupati Tanah Bumbu H Muhammad Rusli menyampaikan terimakasih kepada semua para peserta yang telah mengikuti kegiatan pelatihan tersebut, dan diharapkan dia melalui kegiatan ini mampu mengembangkan para peserta, dan dapat langsung diimplementasikan baik bagi dirinya, maupun rekan, dan juga masyarakat di desa masing-masing.

“Sehingga dapat mengembangkan potensi dirinya dalam pengelolaan informasi publik, agar lebih transparansif, guna memberikan pelayanan terbaik, dan memudahkan masyarakat,” harap Rusli.

Ditambahkannya, perangkat desa mahir kelola platform digital dan menyampaikan informasi sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat.

Terpisah Ketua JMSI Tanah Bumbu Zainal Hakim, memgatakan kegiatan berjalan lancar dengan menghadirkan narasumber yang memiliki kompetensi di bidangnya untuk memberikan ilmunya kepada para peserta dari aparatur desa dalam membuat karya jurnalistik bagi pengelolaan informasi publik mereka.

“Jadi dalam pelatihan ini kami menghadirkan narasumber, diantaranya yaitu Tokoh Pers Nasional Prof Dahlan Iskan, Jurnalis Senior Kalsel, Toto Fachrudin, Ratna Sari Dewi, perwakilan Polres Tanah Bumbu, dan Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu serta pemateri pengelolaan informasi Publik yakni M Syarifudin dan Murhan,” ungkap ketua JMSI Tanah Bumbu.

Menurutnya tujuan utamanya dari kegiatan ini adalah untuk memberikan wawasan kepada perangkat desa se-Kabupaten Tanah Bumbu dalam pengelolaan informasi publik, seperti website desa, media sosial milik desa.

“Sehingga dibutuhkan pengetahuan dasar jurnalistik dari UU Pers, Etika Pers, Kode Etik Jurnalistik, UU ITE dan juga Edukasi Saber Pungli,” sebutnya. (ril)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Pemkab Tanbu Ikuti Rakoor Penataan Perizinan Sektor Tambang

28 Juni 2024 - 16:49 WIB

Zairullah Azhar Tinjau Lokasi Kebakaran, Janji Segera Lakukan Penanganan

28 Juni 2024 - 16:46 WIB

Raut Wajah Anak-anak Korban Kebakaran, Berubah Saat Kapolres Tanbu Hibur dan Bawa Banyak Mainan

27 Juni 2024 - 16:47 WIB

Kesulitan Air Bersih, Kapolres Tanbu AKBP Arief Letakkan Batu Pertama Sumur Bor di Desa Trimartani

25 Juni 2024 - 16:50 WIB

Warga Desa Trimartani Terima Program CSR PT Borneo Indobara Berupa Pengadan Sumber Air Bersih

25 Juni 2024 - 16:40 WIB

Zairullah Pastikan Jalan Alternatif KM 171 Secepatnya Diaspal, Anggarkan 13 Miliar

24 Juni 2024 - 16:54 WIB

Trending di Advetorial