Menu

Mode Gelap
Milenial Tanbu Rela Keluarkan Dana Pribadi Untuk Bersihkan Jalan Desa Satiung Waket DPRD Tanbu Sebut Generasi Muda Harus Ikut Berkontribusi Untuk Negeri Tanbu Launching Gerakan Pengibaran 5.000 Bendera Merah Putih Semarakan HUT RI Ke-78 Eksekutif Sampaikan KUA PPAS Perubahan Tahun 2023 Dinas PUPR Gelar Pembinaan Tekhnis Infrastruktur Persampahan.

Advetorial · 24 Okt 2023 01:51 WIB ·

RIK Tanbu Sukses Gelar Pelatihan Budidaya Jamur Tiram dan Pembuatan Pupuk Organik


 RIK Tanbu Sukses Gelar Pelatihan Budidaya Jamur Tiram dan Pembuatan Pupuk Organik Perbesar

BATULICIN – Kepala Desa Selaselilau, Mawar mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Perkumpulan Rumah Inspirasi Kreatif (RIK) Tanah Bumbu yang telah menyalurkan ilmu kemandirian terhadap warganya.

Hal ini disuarakannya saat menerima Plakat Penghargaan yang diserahkan oleh Ketua RIK Tanbu, Anwar Ali Wahab, Senin (23/10/23), di Halaman Kantor Desa Selaselilau.

“Sebenarnya sudah lama saya merencanakan kegiatan pelatihan ini, dan gayung tersambut dengan diadakannya pelatihan Budi Daya Jamur Tiram oleh RIK Tanbu,” ungkap Mawar.

Mawar ingin para warganya, bisa memiliki penghasilan tambahan. Untuk itu, melalui pelatihan Budi Daya Jamur Tiram yang dilaksanakan oleh RIK Tanbu ini, kepada para emak emak yang sudah mengikuti pelatihan agar kiranya nanti bisa mempraktekan apa yang sudah dipelajarinya, hingga hasilnya bisa menambah pundi – pundi rupiah menunjang perekonomian keluarga.

Ketua RIK Tanbu, Anwar Ali Wahab mengungkapkan, ada 2 gelaran pelatihan yang dilaksanakan oleh RIK Tanbu. Pelatihan Budi Daya Jamur Tiram berlokasi di Desa Selaselilau Kecamatan Karang Bintang.

Sedangkan pelatihan Pembuatan Pupuk Organik berbahan Kotoran hewan (Kohe) dilaksanakan di PPM Kasturi PT. Arutmin Indonesia Site Batulicin di Desa Mekarsari Kecamatan Simpang Empat.

“Setiap peserta yang mengikuti pelatihan akan diberikan Piagam atau Sertifikat dari RIK Tanbu. Kami berharap, pelatihan yang menghadirkan Narasumber/Pelatih dari Balai Pelatihan Propinsi Kalsel ini benar benar dimanfaatkan oleh peserta, agar kiranya bisa di praktekan dan berhasil meningkatkan perekonomian,” harap Anwar Ali Wahab.

Dia juga sangat mengapresiasi respon dari Pemerintah Desa Selaselilau, yang antusias mendukung dan memfasilitasi kegiatan pelatihan. RIK Tanbu berencana, Desa Selaselilau menjadi Sentra Budi Daya Jamur Tiram, hingga desa tetangga atau sekitarnya bisa belajar.

“Meski waktu pelatihan cukup terbatas, namun kami tetap membantu kesulitan warga jika ada kendala mengembangkan Jamur Tiram melalui Grup Whatsapp, yang anggota didalam juga terhubung langsung dengan pelatih, hingga bisa langsung kontak meminta saran atau solusi terkait proses pengembangan Jamur Tiram tersebut,” pungkasnya. (ril)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Pemkab Tanbu Ikuti Rakoor Penataan Perizinan Sektor Tambang

28 Juni 2024 - 16:49 WIB

Zairullah Azhar Tinjau Lokasi Kebakaran, Janji Segera Lakukan Penanganan

28 Juni 2024 - 16:46 WIB

Raut Wajah Anak-anak Korban Kebakaran, Berubah Saat Kapolres Tanbu Hibur dan Bawa Banyak Mainan

27 Juni 2024 - 16:47 WIB

Kesulitan Air Bersih, Kapolres Tanbu AKBP Arief Letakkan Batu Pertama Sumur Bor di Desa Trimartani

25 Juni 2024 - 16:50 WIB

Warga Desa Trimartani Terima Program CSR PT Borneo Indobara Berupa Pengadan Sumber Air Bersih

25 Juni 2024 - 16:40 WIB

Zairullah Pastikan Jalan Alternatif KM 171 Secepatnya Diaspal, Anggarkan 13 Miliar

24 Juni 2024 - 16:54 WIB

Trending di Advetorial