Menu

Mode Gelap
Milenial Tanbu Rela Keluarkan Dana Pribadi Untuk Bersihkan Jalan Desa Satiung Waket DPRD Tanbu Sebut Generasi Muda Harus Ikut Berkontribusi Untuk Negeri Tanbu Launching Gerakan Pengibaran 5.000 Bendera Merah Putih Semarakan HUT RI Ke-78 Eksekutif Sampaikan KUA PPAS Perubahan Tahun 2023 Dinas PUPR Gelar Pembinaan Tekhnis Infrastruktur Persampahan.

Advetorial · 15 Nov 2023 04:35 WIB ·

Perkuat Keamanan Cyber Pemerintah, Diskominfo Tanbu Luncurkan Computer Security Incident Response Team


 Perkuat Keamanan Cyber Pemerintah, Diskominfo Tanbu Luncurkan Computer Security Incident Response Team Perbesar

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP), meluncurkan Computer Security Incident Response Team (CSIRT). CSIRT tersebut guna meningkatkan keamanan pada situs Pemerintah.

Peluncuran CSIRT itu berlangsung di Ruang Digital Live Room, Rabu (15/11/2023).

Selain itu, peluncuran ini juga sebagai upaya inovatif memperkuat pertahanan siber di era digital yang semakin kompleks. Padalnya, Keamanan siber yang kuat menjadi salah satu prioritas utama pemerintah.

Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar dalam sambutan yang di bacakan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, M Putu Wisnu Wardhana mengatakan, ini merupakan hal yang luar biasa dan patut di apresiasi.

“Dalam melaksanakan tujuan Negara kita ini, tentu tidak lepas dari cyber. Di Era sekarang ini, kita hidup dengan percepatan-percepatan teknologi, dan saat ini kita menjalankan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE),” jelasnya.

Selain itu, menurutnya keamanan informasi merupakan bisnis yang menarik, yang kita sadari bahwa semua yang terhubung kejaringan tidak ada yang aman 100 %.

“Seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, skala ancaman semakin luas. Maka dari itu, kita harus siaga menghadapi segala jenis ancaman kejahatan cyber,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo SP, Al Husain Mardani mengatakan serangan cyber merupakan sebuah konsekuensi dari proses transformasi digital.

“Dalam setiap proses TanahBumbuKab-Csirt melakukan tugas monitoring, menerima, meninjau dan menanggapi,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut turut pula hadir dari perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Selatan, dan juga perwakilan dari Keamanan Siber dan Sandi Negara Pemerintah Daerah.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

Baca Lainnya

Pemkab Tanbu Ikuti Rakoor Penataan Perizinan Sektor Tambang

28 Juni 2024 - 16:49 WIB

Zairullah Azhar Tinjau Lokasi Kebakaran, Janji Segera Lakukan Penanganan

28 Juni 2024 - 16:46 WIB

Raut Wajah Anak-anak Korban Kebakaran, Berubah Saat Kapolres Tanbu Hibur dan Bawa Banyak Mainan

27 Juni 2024 - 16:47 WIB

Kesulitan Air Bersih, Kapolres Tanbu AKBP Arief Letakkan Batu Pertama Sumur Bor di Desa Trimartani

25 Juni 2024 - 16:50 WIB

Warga Desa Trimartani Terima Program CSR PT Borneo Indobara Berupa Pengadan Sumber Air Bersih

25 Juni 2024 - 16:40 WIB

Zairullah Pastikan Jalan Alternatif KM 171 Secepatnya Diaspal, Anggarkan 13 Miliar

24 Juni 2024 - 16:54 WIB

Trending di Advetorial