Menu

Mode Gelap
Milenial Tanbu Rela Keluarkan Dana Pribadi Untuk Bersihkan Jalan Desa Satiung Waket DPRD Tanbu Sebut Generasi Muda Harus Ikut Berkontribusi Untuk Negeri Tanbu Launching Gerakan Pengibaran 5.000 Bendera Merah Putih Semarakan HUT RI Ke-78 Eksekutif Sampaikan KUA PPAS Perubahan Tahun 2023 Dinas PUPR Gelar Pembinaan Tekhnis Infrastruktur Persampahan.

Advetorial · 26 Agu 2023 05:56 WIB ·

Kirap Pemilu Tiba di Tanbu, Ketua KPU Provinsi Sebut Pemilu Adalah Ajang Konflik Yang Dilegalkan


 Kirap Pemilu Tiba di Tanbu, Ketua KPU Provinsi Sebut Pemilu Adalah Ajang Konflik Yang Dilegalkan Perbesar

BATULICIN – Bendera Kirap Pemilu 2024, akhirnya tiba di Kabupaten Tanah Bumbu setelah KPU Kotabaru menyerahkan bendera kepada KPU Tanah Bumbu, disaksikan seluruh perwakilan Partai Politik dan Forkopimda setempat, Sabtu (26/8/2023).

Tanda pelaksanaan Pemilu semakin dekat, maka masyarakat pun dihimbau untuk menyemarakkan pemilu dan berpartisipasi dipesta demokrasi yang yang digelar tiap 5 tahun sekali.

Disaksikan Ketua KPU Provinsi Kalsel, Andi Tenri Sompa, Sekretaris Daerah Tanbu H Ambo Sakka, Ketua DPRD, Andrean Atma Maulani, Bawaslu kabupaten serta Seluruh PPK dan PPS se Kabupaten Tanah Bumbu, berlangsung dengan penuh suka cita.

Ketua KPU Tanah Bumbu, Puryadi, usai menerima Kirap Pemilu tersebut mengatakan Tanah Bumbu sudah siap melaksanakan sosialisasi pesta demokrasi tersebut. Serah terima ini langsung diterima dari KPU Kotabaru dan selama di Tanah Bumbu akan dibawa berkeliling dan kemudian estapet ke Kabupaten Tanah Laut.

” Kegiatan serah terima kirap pemilu ini juga sekaligus digelarnya deklarasi pemilu bersama Forkopimda dan semua parpol yang menjadi peserta pemilu. Harapannya berjalan lancar, aman dan damai, ” katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Kalsel, Andi Tenri Sompa, membeberkan bahwa Kirap Pemilu ini adalah program Nasional KPU RI yang dimulai setahun sebelum pemilu dilaksanakan dengan berkeliling Indonesia.

Untuk kalsel ini merupakan terusan dari Kalimantan Barat, Kalteng dan sekarang di kalsel. Setelah di Tanah Bumbu akan dilanjutkan ke Tanah Laut dan Kabupaten Banjar dan terakhir di Banjarbaru.

” Adanya Kirap Pemilu ini, menandakan bahwa pemilu bukan milik pusat tetapi dilaksanakan di seluruh Indonesia sampai ke wilayah terkecil, sebagai pesta demokrasi. Kirap Pemilu ini juga menjadi simbol kebahagian pemilu, ” ungkapnya.

Andi Tenri juga mengatakan, pemilu adalah pesta kontestasi politik dan ajang konflik yang dilegalkan Negara.

” Ini adalah pesta konflik yang dilegalkan pemerintah karena bersaing untuk menjadi pemimpin, jadi ini sah sah saja dalam memperebutkan jabatan sebagai pemimpin, ” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, H Ambo Sakka, mengatakan Kirab pemilu ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung agar pelaksanaan pemilu berjalan baik. Selain itu, kirab pemilu ini sebagai sarana integrasi bangsa, yang kiranya dapat dimaknai bahwa proses pesta demokrasi, hendaknya disambut dan dirayakan dengan gembira serta bahagia.

” Melalui kirab pemilu ini, saya berharap masyarakat dapat teredukasi mengenai pentingnya menggunakan hak suara pada pemilu, karena sesungguhnya tujuan kirab yang kita laksanakan adalah untuk memberikan sosialisasi dan pendidikan kepada pemilih, agar meningkatkan pengetahuan masyarakat, guna membantu dan memudahkan dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2024,” kata Ambo mewakili Bupati.

Sebab itu, keberhasilan pemilu dapat diwujudkan dengan baik, ketika semua pihak, baik pihak penanggung jawab, penyelenggara, jajaran Pemerintah Daerah, DPRD, partai politik, para kandidat beserta pendukung, maupun komponen masyarakat, dapat memahami dan mencermati secara benar proses demokrasi yang akan berlangsung.

” Kita mengharapkan terciptanya suasana Pemilu di Kabupaten Tanah Bumbu yang aman, nyaman, terbit dan kondusif, ” pungkasnya.

Sekadar diketahui, kegiatan Kirap Pemilu ini juga diranfkai dengan menampilkan Drumband Satpol PP dan Damkar Tanbu, Tari-tarian dari Disparpora dan pantomim putra daerah tanbu yang sudah menasional.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

Baca Lainnya

Pemkab Tanbu Ikuti Rakoor Penataan Perizinan Sektor Tambang

28 Juni 2024 - 16:49 WIB

Zairullah Azhar Tinjau Lokasi Kebakaran, Janji Segera Lakukan Penanganan

28 Juni 2024 - 16:46 WIB

Raut Wajah Anak-anak Korban Kebakaran, Berubah Saat Kapolres Tanbu Hibur dan Bawa Banyak Mainan

27 Juni 2024 - 16:47 WIB

Kesulitan Air Bersih, Kapolres Tanbu AKBP Arief Letakkan Batu Pertama Sumur Bor di Desa Trimartani

25 Juni 2024 - 16:50 WIB

Warga Desa Trimartani Terima Program CSR PT Borneo Indobara Berupa Pengadan Sumber Air Bersih

25 Juni 2024 - 16:40 WIB

Zairullah Pastikan Jalan Alternatif KM 171 Secepatnya Diaspal, Anggarkan 13 Miliar

24 Juni 2024 - 16:54 WIB

Trending di Advetorial