Menu

Mode Gelap
Milenial Tanbu Rela Keluarkan Dana Pribadi Untuk Bersihkan Jalan Desa Satiung Waket DPRD Tanbu Sebut Generasi Muda Harus Ikut Berkontribusi Untuk Negeri Tanbu Launching Gerakan Pengibaran 5.000 Bendera Merah Putih Semarakan HUT RI Ke-78 Eksekutif Sampaikan KUA PPAS Perubahan Tahun 2023 Dinas PUPR Gelar Pembinaan Tekhnis Infrastruktur Persampahan.

Advetorial · 1 Sep 2023 06:36 WIB ·

Kadis PMD Buka Bimtek BPD dan Bumdesa, Juga Ingatkan Pentingnya Pengelolaan Bumdesa


 Kadis PMD Buka Bimtek BPD dan Bumdesa, Juga Ingatkan Pentingnya Pengelolaan Bumdesa Perbesar

BATULICIN – Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sekecamatan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu, mendapatkan bimbingan teknik (bimtek).

Yang mana kegiatan itu digelar selama tiga hari dari 20 hingga 22 Agustus 2023 bertempat di Hotel Ebony Batulicin, yang resmi dibuka Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) setempat, Samsir mewakili Bupati Tanah Bumbu serta dihadiri Camat Sungai Loban, Agus Salim.

Kegiatan Bimtek tersebut diselenggarakan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Bukan hanya BPD, tetapi juga Pengurus Bumdesa juga dilibatkan dalam mengetahui hal-hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh.

Saat membuka acara, Kepala Dinas PMD Tanbu, Samsir menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan Bimtek BPD dan Bumdesa tersebut.

” Semoga peserta nantinya dapat menambah pengetahuan terkait dengan tugas dan Fungsi BPD dan upaya peningkatan Bumdesa, ” kata Samsir, Minggu (20/8/2023).

Sebab, hal ini sangat penting dalam rangka membangun Desa untuk menjadikan desa Maju dan mandiri.

BPD, lanjut Samsir, mempunyai peranan sangat penting dalam membuat regulasi bersama kepala desa, menyerap aspirasi masyarakat serta melakukan pengawasan dan monitoring terhadap kegiatan di desa dan serta pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa.

Begitu juga dengan Penguatan Bumdesa merupakan bagian yang sangat strategis. Bumdesa apabika dikelola dengan baik, maka Bumdesa dapat memberikan konstribusi bagi Pendapatan Asli Desa, dan ini sangat berpeluang untuk dikelola dengan baik.

” Mari kita berpikir bersama-sama bahwa Bumdesa lah yang mempunyai potensi untuk dikelola dengan baik. Melalui Bimtek ini peserta nantinya dapat menanyakan langsung kepada narasumber tentang pengelolaan Bumdes,” pungkas Samsir.

Sementara itu, Ketua BKAD Rauf Pikum juga menyampaikan bahwa Bimtek ini dalam rangka silaturahmi dan meningkatkan pengetahuan BPD.

” Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan aspirasi BPD dan Bumdesa, mudah-mudahan ke depan terus dapat kita laksanakan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

Baca Lainnya

Pemkab Tanbu Ikuti Rakoor Penataan Perizinan Sektor Tambang

28 Juni 2024 - 16:49 WIB

Zairullah Azhar Tinjau Lokasi Kebakaran, Janji Segera Lakukan Penanganan

28 Juni 2024 - 16:46 WIB

Raut Wajah Anak-anak Korban Kebakaran, Berubah Saat Kapolres Tanbu Hibur dan Bawa Banyak Mainan

27 Juni 2024 - 16:47 WIB

Kesulitan Air Bersih, Kapolres Tanbu AKBP Arief Letakkan Batu Pertama Sumur Bor di Desa Trimartani

25 Juni 2024 - 16:50 WIB

Warga Desa Trimartani Terima Program CSR PT Borneo Indobara Berupa Pengadan Sumber Air Bersih

25 Juni 2024 - 16:40 WIB

Zairullah Pastikan Jalan Alternatif KM 171 Secepatnya Diaspal, Anggarkan 13 Miliar

24 Juni 2024 - 16:54 WIB

Trending di Advetorial